Ruang Keluarga yang Mewadahi Aktivitas Bersama

Sketsa 3D Interior Ruang Keluarga

Kadangkala ruang keluarga berfungsi juga sebagai ruang tamu. Namun, mengingat frekuensi tamu yang berkunjung ke rumah relatif jarang, ruang pun lebih dimanfaatkan untuk mewadahi aktivitas bersama keluarga. Untuk itulah sebabnya penting menyiapkan sebuah ruang keluarga yang nyaman sebagai tempat membangun komunikasi yang hangat dan akrab.

1. Lapang dan terbuka

Suasana nyaman bisa dihadirkan lewat penataan ruang, pencahayaan, pengudaraan, dan kondisi yang lapang. Kalaupun terbatas, ruang sebaiknya memiliki pemandangan luas dan terbuka.

2. Menampung berbagai aktivitas

Seberapa luas ukuran ruangnya dan apa saja yang perlu diletakkan di dalamnya, perlu dipikirkan penataannya. Cocokan dengan hobi atau aktivitas yang memungkinkan dapat dilakukan bersama di ruang keluarga, seperti membaca atau menonton TV. Contohnya, ada ruang keluarga yang menyatu dengan tempat bermain anak dengan maksud mempermudah pengawasan. Sedangkan bagi keluarga yang senang berolahraga, kerap menempatkan sarana olahraga, misalnya treadmill dan sepeda statis.

3. Furnitur Pelengkap

Seberapa banyak dan apa jenis furniturnya tergantung dari kegiatan yang ditampung. Saat ini furnitur multifungsi sering dipilih, misalnya sofabed yang bisa diatur sudut kemiringan sandarannya sehingga bisa berfungsi sebagai sofa dan tempat tidur. Juga meja dan panel dinding yang bisa menjadi sarana memajang dan menyimpan barang agar ruang keluarga terjaga kerapiannya.

Sumber : www.tabloidrumah.com